Di Bulukumba: La Ode Basir harap Relawan Pastikan 200 Suara AMIN Setiap TPS dan Kawal!

Siaranjabodetabek.com – Bicara Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) yang juga Koordinator Presidium Sekretariat Kolaborasi Nasional Relawan AMIN La Ode Basir terus bergerak ke berbagai daerah untuk mengonsolidasikan seluruh elemen pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 1 tersebut.

Setelah roadshow ke sejumlah daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah pekan lalu, kemarin dia menghadiri konsolidasi relawan di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Konsolidasi ini berlangsung semarak dengan dihadiri pimpinan partai pendukung AMIN setempat dan 800 relawan.

Ratusan relawan ini perwakilan berbagai simpul, antara lain Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES), Jaringan Nasional Relawan Anies Baswedan (Jarnas ABW), Jarnas Hasanuddin, Relawan Soelawesi Pejuang Anies (ReSoPA), Pejuang ABW, Anies Baswedan For Presiden (Abadan), Anies Pemimpin 2024 (AP 24) dan Anies Baswedan Rakyat Indonesia Bersatu (ABRI-1) yang berasal dari Bulukumba serta kabupaten sekitar seperti Jeneponto, Bantaeng, Sinjai, dan dan Selayar.

Dalam kesempatan itu, La Ode Basir memompa semangat relawan dalam memperjuangkan pasangan Anies-Muhaimin. Dia mendorong relawan semakin kencang lagi menggalang dukungan dari masyarakat di sisa waktu tiga pekan jelang pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang.

Dia pun memberikan arahan konkret yang akan dilakukan relawan.

“Pertama, bahwa dalam setiap TPS (tempat pemungutan suara) yang rata-rata ada 300 DPT (daftar pemilih tetap) atau ekuivalen dengan sekitar 100 rumah. Relawan AMIN harus bisa memastikan minimal 200 orang di TPS tersebut telah masuk dalam daftar yang akan memilih AMIN pada tanggal 14 Februari nanti,” ungkapnya.

“Untuk itu dalam waktu yang tinggal tiga minggu ini, diharapkan semua relawan AMIN untuk bergerak menjangkau semua rumah-rumah masyarakat terutama tetangga satu TPS-nya untuk mempertebal sosialisasi dan melakukan pendataan calon pemilih Anies-Muhaimin di tiap TPS,” sambungnya.

Kedua, Ketua Umum DPP ANIES ini mendorong relawan, kader partai, dan seluruh simpatisan dan masyarakat mengambil peran aktif dalam upaya mengamankan suara pemilih AMIN di setiap TPS sebagai bagian dari upaya mewujudkan pemilu yang adil, jujur, dan transparan.

Karena itu, relawan dan masyarakat harus aktif memeriksa DPT. “Minta kepada penyelenggara untuk menempel DPT tiap TPS di sekitar lokasi TPS. Laporkan jika menemui kejanggalan dan sertakan bukti-bukti berupa foto atau video,” tegasnya.

Selain itu, La Ode yang datang didampingi Ketua DPW ANIES Sulsel A. Yani Fahrudin ini, juga meminta relawan untuk mengawasi pembangunan TPS. Dia menjelaskan, di dalam TPS, pembatas antara panitia, proses pemilihan, dan warga yang menunggu untuk memilih hanya boleh dibatasi tali atau sejenisnya yang memenuhi unsur transparan.

“Jangan sampai ada TPS yang proses pemilihan, sampai perhitungan suara dibatasi tembok dengan tempat warga yang menunggu atau memantau,” katanya menekankan.

Terakhir, La Ode Basir mengingatkan saat proses pemilihan berlangsung sampai perhitungan suara. Dia menjelaskan seluruh warga boleh mengambil foto atau video. Karena itu langsung dokumentasikan kalau terjadi kecurangan.

“Yang tidak boleh di foto/video hanya ketika saat mencoblos di dalam bilik suara (unsur rahasia dalam pemilu). Jika warga menemukan kejanggalan silakan laporkan atau upload di medsos sebagai peran reportase warga,” tandasnya.

Tidak lupa, dalam kesempatan itu, La Ode Basir juga menyampaikan salam dan pesan dari Anies Baswedan kepada seluruh peserta yang hadir. Capres yang didukung Partai NasDem, PKS, PKB dan Partai Ummat itu menghaturkan rasa terima kasih kepada semua yang terlibat atas semua dukungan dan kerja bersama yang telah kita lakukan. Kerja bersama untuk mewujudkan harapan perubahan, keadilan untuk semua bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Untuk itu, waktu yang tersisa ini harus kita kerja dengan serius penuh semangat. Ujung dari perjuangan ini tanggal 14 Februari nanti, harus kita wujudkan dalam bentuk coblosan pada pasangan nomor urut 1: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar,” ungkapnya mengutip pesan Anies Baswedan.

Acara konsolidasi dan silaturahmi ini diakhiri dengan pidato dari pimpinan partai NasDem, PKS, PKB, dan, Partai Ummat.

Sementara itu Ketua DPD Relawan ANIES Bulukumba selaku Ketua Panitia, H. Andi Muktamar Mattotorang bersyukur atas suksesnya acara tersebut. Dia pun memastikan semua relawan dan pimpinan partai yang hadir siap berjuang memenangkan Anies Baswedan.

Karena memang tujuan kegiatan ini adalah untuk mengonsolidasikan semua komponen pendukung AMIN agar bergerak bersama secara masif menjangkau seluruh lapisan masyarakat guna meraih kemenangan di Pilpres 2024 ini.

News Feed