Dinas PUPR Kota Depok, Siap Kolaborasi Tangani Bencana Lokasi Rawan Banjir dan Longsor

siaranjabodetabek.com, Depok – Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Citra Indah Yulianty, menyampaikan, terkait bencana longsor dan banjir di sejumlah wilayah di Kota Depok, sejak sepekan terakhir, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Disdamkar dan Penyelamatan Kota Depok sigap melakukan penanggulangan bencana.

“Ada sejumlah titik rawan longsor yang berada Kota Depok, ini berdasarkan pemetaan, Kami masih berupaya menormalisasi lokasi rawan longsor,” kata Citra, Senin (15/11/2021) kepada siaranjabodetabek.com, usai gelar Apel siaga darurat bencana Hidrometeorologi, di Balaikota Depok.

Walikota Depok Muhammad Idris, meninjau alat-alat dinas PUPR, ikuti apel siap siaga bencana

Dinas PUPR, kata Citra menyediakan material untuk menanggulangi longsor. Selain itu juga diturunkan sebanyak 140 personel satgas. “Ada beberapa titik longsor yang memerlukan penanganan ekstra, tentunya alat-alat kita turunkan juga,” ujarnya.

Menurut Citra, Dinas PUPR sudah melakukan langkah antisipasi untuk banjir dan lonsor. “Untuk sementara kami buatkan batu bronjong di titik-titik yang krusial longsor,” ujarnya.

Langkah lainnya, kata dia, membersihkan material longsor yang berada di saluran air. Selain itu juga beberapa lokasi dipasangi cerucuk dan terpal di tebing saluran air.

Lebih lanjut Citra mengatakan, Tim satgas selama 24 jam siap siaga, disiapkan solusi berkelanjutan. Salah satunya sigap menurunkan alat berat PUPR Kota Depok.

“Jadi kita sudah sepakat, bersama-sama. Apabila terjadi bencana seperti banjir, longsor dan cuaca ekstrem, siap menurunkan alat-alat dari PUPR dan bersama Satgas PUPR membersihkan longsor serta memperbaiki,” pungkasnya. (Adi).

928 views