Ingin Rumah Aman saat Ditinggal Mudik? Ini Tips nya

Siaranjabodetabek.com – Momen yang paling di tunggu-tunggu ketika Lebaran Idul fitri ialah mudik atau pulang ke kampung halaman.

Ketika geng sehat mudik rumah akan kosong dan tidak berpenghuni hal ini perlu di waspadai oleh incaran Pencuri.

Berikut ada beberapa tips aman untuk meninggalkan rumah ketika mudik :

1. Jangan tunjukkan kalau ada rumah kosong.

Rumah yang terlihat kosong sangat menyita perhatian bagi pencuri. Selain menyalakan lampu saat kalian sedang mudik, ada cara lain untuk mengecoh pencuri nih.

Kalian bisa menaruh beberapa sepatu dan sandal di depan pintu rumah, karna hal ini agar terlihat bahwa rumah tersebut seperti ada orang di dalamnya.

Ingat beberapa sepatu atau sandal saja ya jangan banyak-banyak.

2. Pasang tulisan bahwa “Rumah ini dijual”.

Agar kalian tenang saat meninggalkan rumah ketika mudik, cara satu ini mungkin agak nyeleneh namun bisa di coba.

Pasanglah papan dengan tulisan bahwa “Rumah ini dijual”, pasti pencuri yang mengincar rumah kalian akan berpikir ulang karna rumah tersebut dikira sudah tidak ada penghuninya.

3. Cabut regulator gas dan semua colokan listrik.

Ketika kalian sedang mudik cabut regulator dari tabung gas dan matikan semua listrik dan cabut semua kabel agar terhindar dari kebakaran akibat naiknya alur listrik.

Jangan lupa kosongkan lemari es juga ya biar tidak menimbulkan bau tidak sedap dari sisa makanan yang ada di dalam lemari es.

4. Gunakan lampu otomatis.

Nyalakan lampu agar rumah terlihat terisi oleh penghuninya, namun gunakan lampu otomatis yang telah di lengkapi rangkaian elektronik agar tetap hidup dan mati secara otomatis.

5. Titipkanlah rumah kepada tetangga yang tidak mudik.

Ketika kalian sedang mudik, bilanglah ke tetangga samping bahwa kalian akan mudik dan titip agar bantu mengawasi rumah selama ditinggal mudik.

Itulah beberapa cara aman tinggalkan rumah saat mudik, selalu waspada dan hati – hati ketika mudik.

News Feed