Pelayanan KB Gratis Kecamatan Cibinong Berjalan Lancar

siaranjabodetabek.com – Balai Penyuluhan KB Kecamatan Cibinong kembali melaksanakan pelayanan KB gratis. Kegiatan berlangsung Selasa, 15 Maret 2022, bertempat di Puskesmas Cirimekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pelayanan KB gratis ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor. Pelayanan KB gratis ini untuk menjangkau masyarakat yang kurang mampu namun ingin mengatur jarak kelahiran.

Pantai Selatan Jember akan Disulap Seperti Jimbaran Bali

Saat ini, kesadaran masyarakat untuk ber-KB memang cukup tinggi. Namun sebagian masih menggunakan metode jangka pendek, seperti suntik dan pil. “Pelayanan ini khusus untuk masyarakat yang ingin menggunakan metode KB jangka panjang, seperti IUD dan Implan,” ujar Dwi Darwanto, Koordinator Lapangan KB Kecamatan Cibinong di lokasi pelayanan.

Penggunaan IUD dan Implan memang lebih efektif untuk mengatur jarak kelahiran. Masyarakat tidak perlu setiap bulan datang ke bidan atau layanan kesehatan seperti pengguna suntik KB. “Penggunaan IUD dan Implan ini efektif mencegah kehamilan selama 3 hingga 8 tahun,” tandas Dwi./Naz

990 views