5 Menu Yang Biasa Nabi Muhammad Makan Untuk Sahur Dan Berbuka Puasa

Artikel, Headline, Kuliner332 Dilihat

Siaranjabodetabek.com – Puasa Ramadan hukumnya fardhu atau diwajibkan untuk muslim dewasa, kecuali mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui atau lagi haid bagi wanita. Bulan Ramadan akan berlangsung selama 29/30 hari berdasarkan pengamatan Hilal. Puasa menurut syariat yaitu menahan diri dari syahwat perut dan kemaluan mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Adapun perintah menjalankan ibadah puasa ramadhan terdapat dalam Alquran surat al-baqarah ayat183 artinya “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”(surat al-baqarah ayat183).

Selama berpuasa dari pagi hingga petang muslim dilarang untuk makan minum dan berhubungan seksual dengan suami atau istri, Selain itu mereka diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa untuk menyempurnakan pahala puasa seperti berkata yang buruk menghina memfitnah menghibah mengutuk berbohong dan berkelahi. Bulan ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang benar dan yang batil. Buka puasa adalah salah satu ibadah di bulan Ramadhan, buka puasa dilakukan tepat setelah waktu maghrib.

Adapun Nabi Muhammad menjadikan kurma sebagai makanan favoritnya selama bulan Ramadan, bukan hanya saat berbuka puasa, Rasulullah juga selalu mengkonsumsi kurma saat sahur bahkan menyebut kurma sebagai makanan terbaik untuk sahur.

Nah berikut lima menu yang biasa Nabi Muhammad makan untuk sahur dan berbuka puasa.

1. Kurma ; untuk sahur dan berbuka puasa. Sahur Salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad, menurut hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud Rasulullah memiliki kebiasaan memakan kurma di waktu sahur.

Kurma merupakan pilihan makanan yang tepat untuk sahur, mengutip laman Healt, buah ini mengandung kalori serat dan karbohidrat yang cukup untuk memberikan energi pada tubuh, tak hanya saat sahur menurut hadits yang diriwayatkan Abu Daud, Rasulullah juga selalu berbuka puasa dengan kurma yang segar, jika tidak ada kurma segar beliau akan mengambil kurma kering dan jika keduanya tak ada ah beliau minum air putih, setelah itu nabi akan menjalankan salat magrib

2. Sayuran dan buah-buahan. Selain mengonsumsi kurma untuk sahur dan berbuka, Nabi Muhammad SAW juga biasa mengonsumsi buah-buahan. Buah yang biasa dikonsumsi Nabi Muhammad antara lain delima, buah tin, zaitun, anggur dan melon.

Sedangkan untuk sayur Nabi Muhammad SAW lebih suka mengonsumsi sayuran seperti labu, zukini, Bit, dan timun mengkonsumsi sayur dan buah setelah berpuasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan makan buah dan sayur maka kebutuhan tubuh akan vitamin mineral dan serat akan terpenuhi, badan pun akan bugar pada siang hari.

3. Daging domba. Nabi Muhammad juga suka mengonsumsi daging domba, selain dagingnya yang enak dan lezat cocok untuk diolah menjadi berbagai macam menu makanan, daging domba juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh antara lain, mencegah anemia, meningkatkan daya tahan tubuh dan kinerja fisik, meningkatkan kesehatan kulit, menjaga kekebalan tubuh, dan mendukung kesehatan sistem syaraf.

Akan tetapi bahwa Nabi Muhammad tidak sering mengonsumsi daging, beliau lebih menyukai makanan yang terbuat dari tumbuhan. Kebiasaan makan daging yang berlebihan sangat tidak dianjurkan, makan daging terlalu banyak bisa meningkatkan risiko penyakit jantung stroke, diabetes dan berbagai penyakit lainnya.

4. Kacang-kacangan untuk tajil saat berbuka puasa. Olahan kacang kacangan favorit Nabi Muhammad adalah tari. Yaitu, masakan kaldu dengan isian utamanya kacang chickpea atau kacang arab, bisa dibilang tari merupakan hidangan paling disukai Rasulullah, kacang arab mempunyai banyak manfaat antara lain mampu mengontrol berat badan, mampu mengontrol kadar gula darah, mendukung fungsi sistem pencernaan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan dapat mencegah penyakit kanker

5. Susu untuk sahur dan berbuka puasa. Yang terakhir adalah susu, susu merupakan salah satu minuman favorit Nabi Muhammad, susu sangat bermanfaat bagi tubuh karena dalam susu mengandung kalsium dan sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat bada, diantara Jenis susu, Nabi Muhammad Ternyata penggemar susu kambing ini bisa diikuti umat muslim sebagai Sunnah karena susu kambing mengandung banyak manfaat diriwayatkan oleh para sahabat nabi Muhammad pernah mengonsumsi susu sapi, susu kambing, dan susu unta, bahkan secara khusus Rasulullah menganjurkan umatnya untuk minum susu sapi hendaklah kalian minum susu sapi karena ia makan dari setiap pohon hadis riwayat Ahmad Hakim dan Ibnu Hibban

Nah itulah tadi 5 menu yang biasa Nabi Muhammad konsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa, ini bisa jadi referensi menu berbuka dan sahur untuk keluarga anda Selamat mencoba dirumah.

News Feed