Depok Berbenah: PKBM Primago Indonesia Depok Jadi Pionir Transformasi Pendidikan Kesetaraan

Siaranjabodetabek.com – Depok, Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan kesetaraan di Kota Depok, PKBM Primago Indonesia menjadi salah satu pionir yang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum bagi Lembaga Kesetaraan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan. Acara ini menjadi tonggak penting dalam mewujudkan visi Suhyana, M.Pd, Kabid Pembinaan PAUD DIKMAS, untuk menjadikan PKBM dan SKB sebagai pilihan utama pendidikan bagi masyarakat.

Suhyana, M.Pd menegaskan, “PKBM dan SKB harus menjadi pilihan, bukan pelarian. Kita harus mengubah paradigma, bukan hanya sekadar menarik minat siswa, tapi membuktikan kualitas pendidikan yang kita tawarkan.” Ia menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan manusiawi, di mana siswa merasa dihargai dan didukung dalam mengembangkan potensi mereka.

Lebih lanjut, Suhyana mengajak seluruh pengelola PKBM untuk meninggalkan persaingan tidak sehat dan merangkul semangat kolaborasi. “Mari kita bersama-sama membangun ekosistem pendidikan kesetaraan yang kuat dan berdaya saing di Kota Depok. Kita harus saling mendukung, berbagi pengalaman, dan berinovasi untuk kemajuan bersama,” ujarnya.

Bimtek ini menjadi wadah bagi para pengelola PKBM untuk memperdalam pemahaman tentang kurikulum kesetaraan, serta berbagi praktik baik dalam pengelolaan lembaga. PKBM Primago Indonesia, dengan semangat transformasi yang tinggi, siap menjadi contoh bagi PKBM lainnya dalam menerapkan prinsip-prinsip “memanusiakan manusia” dalam pendidikan.

Dengan langkah konkret ini, Kota Depok semakin dekat dengan cita-cita mewujudkan pendidikan kesetaraan yang berkualitas, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

News Feed