Inspiratif! Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja SMAN 26 Jakarta adakan Kaderisasi Untuk Pengajaran Menulis Riset Dan Penelitian

 

Dalam menyambut tahun ajaran baru Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja SMAN 26 Jakarta mengadakan Program Kerja kaderisasi anggota yang di sebut dengan PEDAPEN 2024. PEDAPEN merupakan singkatan dari Pelatihan Dasar Penelitian dengan tema “Menumbuhkan Cerdikiawan Kreatif, Bekal Masa Depan Inovatif”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari pada Jumat (26/01/2024) dan dilanjut pada esok harinya pada Sabtu (27/01/2024) kegiatan berlangsung di Ruang Aula SMAN 26 Jakarta.

 

Kegiatan kaderisasi  yang diselanggarakan oleh Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja SMAN 26 Jakarta ini di hadiri oleh seluruh anggota Ekstrakurikuler dan berbagai sekolah luar SMA Jakarta Selatan. Tujuan dari pelaksanaan kaderisasi ini adalah untuk meningkat kualitas Sumber Daya Manusia yang ada dalam sebuah organisasi. “Kami berharap dengan diadakannya kaderisasi ini para anggota dapat mengambil manfaat dan dapat menjadi regenerasi baru dengan semangat dan ide baru untuk organisasi ini”. ujar Rana Marzuqah selaku Pembina dari Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) dalam sambutan pembukaan kegiatan pada Rabu, 27 Januari 2024.

 

Banyak hal yang menarik dan Inspiratif dalam kegiatan bimbingan kaderisasi PEDAPEN 2024 mulai dari pengajaran cara pembuatan Poster Ilmiah, Bisnis Plan, Essay, Robotic, Pembuatan Webiste sampai Seminar oleh Badan Riset dan Inovasi (BRIN). pada hari pertama kegiatan dibuka dengan pemaparan materi oleh Badan Pengurus Harian (BPH) terkait dengan management organisasi dan penjurusan minat divisi. “Dalam kegiatan kaderisasi ini bukan sebagai ajang senioritas antar kakak kelas melainkan untuk melatih para anggota baru untuk dapat mengerti management organisasi dan dapat mengeri cara melakukan Riset dan Penelitian”. Ujar Ketua Umum Ekstrakurikuler Syahid Arkan dalam pembukaan pemaparan materi. Dilanjur pada esok harinya yang diawali dengan senam pagi, makan bersama sampai pos materi, di akhir kegiatan para peserta mengikuti seminar tentang pentingnya Riset dan Penelitan yang diberikan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional Bpk Rizki Prayogo R M.Si. Bukan hanya sekedar pemberian materi para peserta juga diberikan study case secara kelompok untuk membuat karya dari materi yang telah di dapat.

 

Harapannya setelah mengikuti kaderisasi selama 2 hari para peserta dapat mengambil manfaat dalam menjalani organisasi dengan baik dan dapat berprestasi dalam pembuatan karya inovasi dalam berbagai bidang terkait Riset dan Penelitian.

 

Penulis : M Rafi Nazhwan H

News Feed