Sekda Kota Depok, Mengajak Hari Pahlawan tahun 2021 Memaknai “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”

Daerah, opini314 Dilihat

siaranjabodetabek.com, Depok – Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November merupakan peristiwa penting dalam sejarah negara Republik Indonesia. Hal ini dikarenakan pada 10 November 1945, terjadi pertempuran besar setelah kemerdekaan yang juga disebut sebagai pertempuran Surabaya.

Menurut Sektetatis Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri, Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, memiliki tema “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”. bertujuan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mengusir penjajah dari Indonesia.

Artinya kata Supian Suri, bagaimanakah membangunkan generasi muda untuk selalu ingat dan terinspirasi dengan perjuangan para Pahlawan Indonesia, tentunya yang kita miliki sikap Kepahlawanan yang Bisa Diteladani dalam Kehidupan Sehari-Hari.

“Pemuda harus ingat Peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 yang memakan banyak korban menjadi puncak dari perjuangan para pahlawan pada saat itu. Pengorbanan dan perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan membuat masyarakat terinspirasi dan termotivasi untuk meneruskan perjuangan mereka,” kata Supian, saat di temui, Rabu (10/11/2021).

Tetapi lebih daripada itu, seperti bagaimana masyarakat dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya.

Tentunya Masyarakat dapat menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan, sehingga nantinya masyarakat saat ini tidak perlu melakukan hal yang dilakukan oleh pahlawan, seperti mengangkat senjata.

Namun, menurut Pria yang akrab di sapa Bang SS ini, masyarakat saat ini dapat berjuang dengan melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, hingga berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda Kota Depok.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.

Bahkan, peringatan ini dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, juga membantu sesama yang membutuhkan sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Apabila setiap insan masyarakat memiliki kemauan untuk mengimplementasikan semangat dan nilai kepahlawanan, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu modal untuk membangun Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera.

“Generasi muda mungkin sudah keren dalam menghormati para pahlawan, namun bagaimanapun harus diwujudkan dengan hal-hal yang nyata. Itulah cara-cara baik untuk mengisi kemerdekaan sesuai dengan cita-cita luhur beliau para Pahlawan,” paparnya.

Setiap tahun Hari Pahlawan yang diperigati setiap tanggal 10 November memiliki ciri khas. Adapun ciri khas yang mengobarkan semangat dan menghormati kepahlawanan dituangkan dalam sebuah Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan 2021 sehingga memiliki rasa kebersamaan.

SS menegaskan bawha, Hari Pahlawan tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November, namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

Maksudnya setiap insan masyarakat seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan.

Untuk SS memuji kepemimpinan Idris-Imam yang dirasanya punya kepedulian tinggi pada pembangunan kepemudaan, itu terlihat dari program kerjanya yang mengarah pada peningkatan peran generasi muda.

“Kami liat dari Indikator keberhasilan pembangunan kepemudaan tersedianya akses pendidikan tinggi bagi pemuda, kesempatan meningkatkan keterampilan bagi pemuda seperti diadakanya BLK atau tempat tempat pelatihan lainnya,” tuturnya.

“Kesempatan kerja bagi pemuda, banyaknya lahir pemimpin muda, tokoh masyarakat atau agama yang masih muda, pengusaha muda, kasetaraan gender dan masih banyak lagi yang mengarah pada penghargaan dan peningkatan kesempatan bagi generasi muda untuk maju,”paparnya.

Dan akan lahir Perda Kepemudaan yang mendukung lahirnya pemuda berwawasan, iman dan taqwa, menguasai tehnologi dan pada akhirnya mengarah pada karir dan kesejahteraan mereka.
“Inilah menurut kami tema Hari Pahlawan Tahun 2021 “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”, bisa kita ambil langkah-langkah yang baik demi kemanjuan Kota Depok yang kita banggakan ini,” pungkas Supian Suri. (Adi).

News Feed