Walikota Depok Memborong Produk UMKM, Gebyar Seni Budaya dan UMKM Kecamatan Sukmajaya

siaranjabodetabek.com, Sukmajaya – Kecamatan Sukmajaya bersama Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Kecamatan Sukmajaya menggelar perhelatan akbar bertajuk gebyar Seni Budaya dan UMKM, di halaman kantor Kecamatan Sukmajaya, masyarakat antusias hadir menikmati pesta rakyat.

Pentasan Gerai Produk UMKM, punya tema melalui Pembauran Kebangsaan Kita Eratkan Silaturahmi Antar Suku dan Etnis di Kecamatan Sukmajaya.

Minggu pagi (07/11/2021), nampak hadir Walikota Depok kh.Muhammad Idris, Anggota DPRD Fraksi Demokrat Endah Suhartini, mantan Camat Sukmajaya Tito Ahmad Riyadi, tiga pilar, Ketua FPK Kota Depok Baba Entong Manisaboy, Camat Sukmajaya Ferry Birowo, dan para Lurah se-Kecamatan Sukmajaya, serta para pelaku UMKM.

Ketua FPK Kota Depok Baba Entong Manisaboy mengatakan, antusias warganya sangat tinggi untuk menikmati pesta rakyat tersebut dikarenakan sempat terhenti beberapa tahun ini dalam masa pandemi covid-19.

“Kini aktifkan kembali kegiatan pesta rakyat, agar warga bisa kembali bergembira dan bersilaturahmi bersama dengan warga yang lainnya,” kata pria yang akrab disapa Baba Entong ini.

Entong mengungkapkan, di pesta rakyat tersebut diusung konsep Seni budaya dan UMKM. agelaran kesenian budaya seperti Tari Topeng dari Sanggar, Tari Jaipong, pencak silat dan berbagai pagelaran kesenian lainya.

“Jadi saya ingin menghidupkan kembali semangat seni dan budaya Betawi Depok. Saya bersyukur antusias warga kami sangat baik. Mulai dari golongan tua dan muda, larut dalam pentas seni yang di tampilkan untuk menghibur mereka,” ucapnya.

Sementara itu Walikota Depok Muhammad Idris menyampaikan, rasa bangganya terhadap pelaku UMKM di Kecamatan Sukmajaya, kerukunan ummat di Sukmajaya.

“Ini merupakan kebanggan kita, sebab selama hampir dua tahun, UMKM kita mengalami pasang surut karena Pandemi Covid-19, namun tetap masih eksis walaupun berjalan pelan-pelan,” kata Walikota Depok KH. Muhammad Idris, kepada siaranjabodetabek.com, Minggu (7/11/2021) usai memborong dagangan pelaku UMKM dalam Gebyar Seni Budaya di Kecamatan Sukmajaya.

Idris, membeberkan, Pemerintah Kota Depok akan membantu memfasilitasi agar UMKM di Kota Depok dapat berjalan maksimal. Bahkan, sampai pada tingkat dunia.

“Beberapa produk UMKM kita, sudah mulai kita ekspor ke negara tetangga, ke Singapura, ke Brunei. Bahkan, ikan hias kita sudah pergi ke Jepang dan ke Eropa,” ungkapnya

Ditempat yang sama Camat Sukmajaya Ferry Birowo mengatakan, adanya pembatasan sosial dampak dari pandemi virus Korona (Covid-19), sempat tertunda karena Pandemi Covid-19. Maka salah satu bentuk perhatian kepada pelaku UMKM.

“Kita gelar gebyar seni budaya dan UMKM, ini merupakan kesempatan yang sangat bagus dengan level 2 ini, tetapi tetap dibatasi, sehingga warga masyarakat dapat mengenal UMKM kembali di Kecamatan Sukmajaya,” ucap Ferry Birowo.

Mantan Sekretaris Satpol PP Kota Depok itu menuturkan, setiap Kelurahan di Kecamatan Sukmajaya ikut berpartisipasi memberikan perwakilan untuk UMKM serta Seni Budaya.

“Ini yang kita libatkan UMKM se-Kecamatan Sukmajaya, ini hadir masing-masing perwakilan dari 6 Kelurahan, ada juga perwakilan untuk seni dan budaya nya dari setiap Kelurahan,” sebutnya.

Menurut Ferry, UMKM unggulan di Kecamatan Sukmajaya ada berbagai jenis. Namun, yang jadi perhatian lebih pihaknya adalah kuliner karena, merupakan kebutuhan masyarakat tiap harinya.

“UMKM sebenarnya ada masing-masing unggulan ya dari setiap Kelurahan seperti makanan, lukisan, batik. Tetappi, unggulan yang utama di Kecamatan Sukmajaya sih kita harapkan itu kuliner ya, karena ini kebutuhan sehari-hari ya,” pungkasnya. (Adi).

News Feed