Mengenal Tradjumas, Rumah Batik yang Mengusung Berbagai Motif Budaya Depok

siaranjabodetabek.com – Batik di sejumlah kota seperti Solo, Yogyakarta, Cirebon atau juga kota Pekalongan sudah pasti menjadi hal yang lumrah. Tempat-tempat itu memang sudah dikenal sebagai pusat industri batik di tanah air.

Namun kini hampir di setiap daerah di Indonesia dari Sabang hingga Merauke, inspirasi menonjolkan batik khas daerahnya masing-masing tak terkecuali Kota Depok di Jawa Barat.

Depok memiliki rangkaian catatan sejarah yang cukup Panjang. Depok pun memiliki tradisi dan budayanya tersendiri karena itulah batik Depok banyak menonjolkan Sisi Budaya.

Sejarah dan simbol-simbol Depok sebagai kota yang kreatif dan inovatif.  Perajin batik di Depok pun mulai bermunculan sejak 2015 lalu, salah satunya adalah Tradjumas sebuah rumah batik yang berlokasi di kawasan Sawangan Depok.

Pengerukan Kali Mampang Jakarta Selatan Rampung 100 Persen

Rumah batik Trajumas baru berdiri 3 tahun namun pemilik dan perajin yang ada di sini merupakan bagian dari orang-orang yang mencetuskan ide untuk membuat dan membesarkan batik khas Depok.

Ada banyak motif batik khas Depok yang telah mendapatkan hak paten atau hak atas kekayaan intelektual diantaranya yaitu motif Gong Xi Bolong, Belimbing Dewa, Tugu Sawangan, Ikan Hias, Bangunan Tua, Topeng Cisalak, Rebut Dandang dan Bengol.

 

 

1,177 views