H. Saidih Terpilih Pimpin Makam Keramat Lemperes Cikumpak Kecamatan Sukmajaya

Daerah, Lingkungan152 Dilihat

siaranjabodetabek.com, Sukmajaya – H Saidih terpilih menjadi Ketua Pemakaman Lemperes Periode 2021-2026, setelah memperoleh 67 suara unggul dari kandidat Ahmad Buang, 33 suara dan Ridwan 6 suara. Keputusan itu merupakan hasil pemilihan warga yang dilaksanakan di Sekretariat Pemakaman Lemperes jalan KSU Kelurahan Sukmajaya Kecamatan Sukmajaya Kota Depok.

Pantauan di lokasi Musyawarah acara dibuka Panitia, dan dihadiri oleh sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat H. Usman, H. Yahman, Anggota DPRD Kota Depok fraksi PKS Hengky, Lurah, LPM Sukmajaya, para Ketua RW, RT, dan tamu undangan lainnya.

Ketua terpilih, H Saidih mengungkapkan rasa syukurnya atas amanah yang diberikan untuk memimpin Pemakaman Lemperes Cikumpak, di 10 di tiga Kelurahan. “Ini merupakan amanah yang harus diemban, serta dijaga dengan baik,” ujar H Saidih.

Dalam waktu dekat, lanjut H Saidih, dirinya akan segera melakukan penyusunan struktur kepengurusan, sehingga nantinya dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan program kerja.

“Kedepan, kami bersama warga kampung cikumpak ingin menata lebih baik lagi, terutama keuangan dan membangun komunikasi yang baik.
Rasa memiliki pemakaman, menjaga merawat dan mengelolah dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu panitia yang juga menjabat Ketua RW 1 Kelurahan Mekarjaya Rochendi mengatakan, warga sangat antusias meramaikan ajang pemilihan ketua pemakaman Lemperes ini, untuk diketahui, tiga calon ketua adalah sebagai warga asli cikumpak.
“Meski pandemi covid-19, tetapi masih guyub rukun. Langkah ini seharusnya memaknai sebuah demokrasi” papar

Pria yang akrab disapa Bang Cueng ini mengungkapkan, Pemilihan yang dimulai pukul 8.00 WIB, yang melakukan proses pemilihan itu hanya 10 RW di wilayah tiga kelurahan. Hal ini juga dilakukan agar warga bisa ikut berpartisipasi menyalurkan aspirasinya dengan ikut coblos kertas suara.

“10 RW punya hak suara, setiap RW miliki perwakilan 10 orang, dan RW, 1 Kelurahan Tirtajaya, RW 1, 2, dan 30 Kelurahan Mekarjaya dan RW 5, 6, 7, 8, 9 dan 10 Kelurahan Sukmajaya,” papar Cueng.

Selain itu Anggota DPRD Kota Depok Fraksi PKS Hengky menambahkan, sebagai bentuk mempererat dan menyatukan masyarakat.

Ia pun berharap, langkah ini menjadi semangat barometer untuk wilayah lainnya.

“Tetap jaga prokes (protokol kesehatan) meski sedang berpesta demokrasi, karena dari sini kita sama-sama membuat pesta demokrasi yang gembira, dan saling kenal antar sesama ditengah lingkungan warga,” ujar Hengky.

Di tempat yang sama Lurah Sukmajaya Yedi, mengungkapkan, panitia pemilihan sudah Melalui proses pemilihan sesuai aturan yang di sepakati bersama.

Selain itu dilakukan secara jujur, transparan serta demokratis yang melibatkan semua warga.
Ia harap, pemilihan ketua pemakaman Lemperes ini dijadikan warga sebagai perbedaan yang saling mengisi dan saling melengkapi.

“Siapapun pemenangnya, harus siap membangun wilayah dan mengayomi masyarakat, serta harus bisa merangkul berbagai elemen masyarakat yang ada di wilayah cikumpak agar tetap tercipta kondusifitas di wilayah,” ungkap Yedi.

Tokoh masyarakat H. Yahman yang di daulat untuk menutup acara ini mengatakan, diadakannya pemilihan Ketua Pemakaman Lemperes dari masyarakat agar ikut terlibat langsung dalam membangun pemakaman Lemperes yang turun temurun milik warga cikumpak.
“Saya berharap, pemakaman ini bisa di tata lagi, misalnya tamannya, pagarnya dan pohon-pohonnya ditambah lagi biar keliatan asri dan nggak longsor,” tutur H. Yahman.
“Satu lagi itu kan makam keramat, itu bangunannya perlu di perbaiki, jadi saya minta pengurus yang baru ini bisa renofasi atau nggak di bangun yang bagus, itu kan makam keramat,” pungkas, H. Yahman sembari menutup acara pemilihan ketua pemakaman Lemperes, selesai dan selamat kepada Ketua terpilih. (Adi).

News Feed